Siapa yang tidak suka dengan tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya untuk mempercantik tampilan hunian saja. Tapi juga bisa digunakan untuk menambah suplai oksigen agar rumah lebih segar. Tidak hanya jenis tanamannya saja. Keindahan tanaman hias juga ditentukan oleh potnya. Ada banyak harga jual pot klasik murah yang  menggunakan bahan teraso atau resin fiber. Lalu apa kelebihan dan kelemahan bahan-bahan pot ini? Kita akan membahasnya lebih lengkap. Setelah mengetahui beberapa bahan terbaik untuk pot type klasik, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika akan memilih vas bunga.

Perlu anda tahu bahwa pot bentuk klasik seperti rumah bagi tanaman. Yang sesuai dengan ukuran tanaman tidak hanya sedap dipandang. Tapi juga kondusif untuk tumbuh kembang tanaman tersebut. Maka pastikan ukuran nya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jika ukuran terlalu besar bisa membuat tanaman tidak enak dilihat. Tapi jika terlalu kecil, akan mudah retak atau pecah. Karena terdesak dengan pertumbuhan akar dan batang pohon.

jual pot klasik

Harga Pot Klasik Nilai Jualnya Sesuai Dengan Ukuran Tanaman

 

Keselarasan tidak hanya pot dengan lingkungan sekitar saja. Tapi juga harga jual beli pot bentuk model klasik dengan harga tanamannya. Gunakan model klasik mewah buat tanaman berharga mahal. Dan biasa saja untuk tanaman murah. Kenapa demikian? Karena akan terlihat indah juga mewah, maka tanaman akan terlihat lebih upgrade. Terdorong oleh penampilan nya elegan berkelas. Jangan menggunakan pot mahal buat tanaman murah. Karena justru akan membuat terlihat memiliki harga yang murah.

harga pot klasik

Lalu, berapa ukuran paling ideal? Memang tidak ada ukuran yang pasti. Sesuaikan saja diameter batang nya, lebar ranting, dan rimbunnya daun. Misalkan ingin membeli pot desain klasik untuk bonsai pohon beringin. Belilah pot ukuran  besar. Karena meski berbentuk bonsai, pohon beringin juga tetap memiliki ukuran besar. Sesuaikan saja dengan harmonisasi ruangan. Misalkan penempatannya pada luar ruangan. Polos adalah pilihan paling tepat. Tapi jika penempatannya dalam ruangan konsep minimalis modern, pilihan pot polos lebih mampu menjaga harmonisasinya.

pot klasik

Dasar Menentukan Harga Jual Pot

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata bahan teraso juga memiliki kelemahan. Pedagang yang jual pot design klasik biasanya akan menginformasikan berikut ini.

Harganya Cukup Mahal

Jangan bandingkan pot plastik atau tanah liat. Karena pot model desain klasik dari bahan teraso dibandrol harga yang cukup mahal. Wajar, karena dari segi bahan, tampilan, juga kekuatan, bahan teraso memang paling baik. Maka tak heran jika hanya mereka yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas saja membeli produk untuk tanaman seperti ini. Selain itu, pot teraso bentuk ukuran besar. Fungsinya untuk menanam tanaman dengan akar yang kuat juga ukuran lebar. Seperti pohon beringin, palm, dan sebagainya. Dari alasan ini juga harga jual pot klasik bahan teraso sangat mahal.

Dibuat oleh Tenaga ahli

Tidak semua orang bisa membuat pot dari bahan teraso. Karena hanya tenaga ahli berpengalaman juga profesional yang bisa mengerjakannya Mengerti tentang bagaimana membuat model desain klasik unik dan tidak pasaran. Produk ini biasanya terbuat ukuran besar atau tinggi. Rata-rata bentuknya hampir sama. Tapi juga bisa meminta bentuk lain sesuai dengan keinginan pada pengrajin.

Bobotnya Terbilang Berat

Memiliki kekuatan yang baik membuat pot teraso memiliki bobot cukup berat. Nyaris tidak mungkin terangkat oleh satu orang. Apalagi jika ukurannya cukup besar. Inilah yang menyebabkan vas teraso tidak banyak dilirik untuk mempercantik hunian yang biasa saja.

Kelebihan Pot Model Klasik Bahan Teraso

Bahan teraso biasa digunakan untuk lapisan lantai. Walupun pasaran harga pot klasik teraso lebih tinggi, namun banyak juga orang suka menggunakannya untuk pesanan model klasik. Karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Halus Anti Gores : Kelebihan bahan teraso tidak dimiliki bahan lain adalah anti gores. Maka tak heran jika bahan ini bisa juga buat lantai. Agar tidak mudah tergores saat menggeser furniture rumah. Ini juga alasannya mengapa desain klasik menggunakan bahan teraso. Menghindari gesekan banyak benda, mengingat pot peletakkannya pada luar ruangan. Seperti gesekan dengan pot lain yang berdekatan atau benda lain yang tidak terduga.
  • Kasar Tidak Licin  : Meski terlihat mewah, teraso memiliki permukaannya kasar. Cocok jika penempatannya  untuk luar ruangan. Membuat nya tidak licin saat ngangkat atau memindahkan. Permukaan licin karena banyak ditumbuhi lumut. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan lumut pada permukaannya karena jika sudah membeli pot bentuk klasik, tentunya perawatan adalah wajib.
  • Tahan Beban Berat :Tidak seperti pot yang terbuat dari bahan tanah liat atau plastik , yang tidak bisa menahan beban berat. Pot bahan teraso mampu menahan beban berat. Inilah alasan mengapa wadah tanaman hias ini terbuat dengan ukuran besar untuk menanam tanaman hias berukuran besar.
  • Corak Menawan : Selain perawatannya mudah, pot dari bahan teraso juga memiliki corak menawan. Membuatnya terlihat mewah juga elegan. Biasa untuk hunian mewah berkelas. Motif menawan ini diperkuat oleh warna yang cenderung cerah seperti putih bersih atau putih tulang.

Kelebihan Pot Design Bentuk Klasik Bahan Fiber Resin

Selain bahan teraso, pembuatan pot jenis klasik juga menggunakan  bahan fiber resin. Sama seperti bahan teraso, fiber resin juga dijual dengan harga yang mahal. Ini sebab bahan ini memiliki banyak kelebihan, seperti:

Lebih Kokoh

Salah satu alasan mengapa banyak pot terbuat dari bahan fiber resin adalah karena bahan nya lebih kokoh. Apalagi jika ditempatkan untuk luar ruangan atau untuk menanam tanaman ukuran besar serta akar nya kuat. Tanpa bahan yang kokoh, akan lebih mudah retak atau pecah. Karena terdorong oleh pertumbuhan akar serta perkembangan batang. Beruntung bahan fiber resin memiliki kekuatan yang sangat baik. Sehingga layak anda gunakan untuk pot tanaman hias.

Lebih Awet

Tidak hanya lebih kokoh, pot bahan resin juga lebih awet. Bisa tahan hingga bertahun-tahun. Tentunya pas bukan nilai jual pot klasik yang terbaik itu? Penempatananya bisa untuk untuk dalam ruangan maupun luar ruangan. Inilah alasan mengapa desainnya berbentuk klasik. Karena tak lekang oleh waktu. Lebih long lasting dan relevan pada semua masa.

Tampilan Mewah

Alasan lain memilih pot bahan fiber resin adalah tampilan mewah. Maka tak heran jika produk ini sering digunakan untuk hiasan rumah mewah milik orang  golongan ekonomi menengah ke atas. Tampilan mewah ini juga tampil dengan desain elegan berkelas. Karena pembuatnya adalah pengrajin berpengalaman juga profesional. Anda bisa memilih desain sesuai  keinginan. Bisa juga custom jika model yang diinginkan tidak tersedia.

Harga Pot Klasik Dari Bahan Fiber Resin

Sama seperti bahan teraso, bahan fiber resin juga memiliki beberapa kelemahan. Apa saja kelemahan dari bahan ini? Berikut informasi selengkapnya.

Harganya Mahal

Nilai jual pot model klasik berbahan fiber resin tidak bisa berharga murah. Karena bahan ini memiliki kualitas yang baik, awet, tahan lama. Selain itu, pot fiber resin biasanya terbuat dalam bentuk jumbo. Tentu saja ini membuat harganya semakin tinggi. Lebih mahal jika menggunakan bahan lainnya. Tapi Anda tak perlu khawatir. Harga mahal ini memang sejajar dengan kemewahan gaya tampilannya. Cocok buat halaman atau teras rumah dengan konsep berkelas serta elegan.

Dibuat oleh Pengrajin Profesional

Desain klasik tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Harus oleh mereka yang benar-benar profesional, atau ahlinya . Mereka memahami bagaimana membuat desain bagus, kuat, tahan lama, dan mewah. Selain itu, desainnya juga beragam. Bisa custom model yang tidak tersedia. Ini lah alasan mengapa memesan pot ini harus kepada pengrajin khusus. Agar sesuai harapan. Untuk itulah, harga jual beli pot design klasik memiliki nilai menawan.

Tips Mencari Pot Tanaman Hias Depan Rumah

Mungkin tips berikut ini bisa bermanfaat.

Pot untuk Konsep Bangunan

Bagi yang memiliki rumah hunian konsep industrial tegas dan lugas, memilih bentuk persegi adalah pilihan terbaik. Tapi jika ingin mencari pot untuk hunian minimalis modern, bentuk bulat rendah adalah pilihan tepat. Hal ini disebabkan karena tidak hanya sebatas buatrumah bagi tanaman saja. Tapi juga sebagai penunjang konsep sebuah desain bangunan. Anda bisa berkonsultasi langsung pada pengrajin atau produsen, sekaligus untuk mencari tahu berapa harga pot klasik tersebut. Meminta atau memesan bentuk desain selaras bentuk bangunan.

Perhatikan Harmonisasi Warna

Anda memiliki rumah mewah dengan warna dominan putih atau monokrom? Sebaiknya pilih pot warna putih cerah, putih tulang, atau hitam. Tapi bagi Anda yang ingin meletakkan nya pada ruangan yang dipenuhi warna-warna kayu, memilih warna cokelat atau warna tanah adalah pilihan tepat. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu harmonisasi warna. Warna nya tidak akan terlihat mencolok sehingga akan mengganggu visualisasi ruangan.

Perhatikan Bahan

Workshop yang jual pot klasik, kadang juga menjual berbagai jenis model dari bahan berbeda. Sebelum membeli, pastikan dulu jenis tanaman akan tertanam di dalamnya. Jika terbuat dari tanah liat, gunakan buat menanam tanaman kering. Seperti kaktus. Karena bahan baku akan membuat tanah dalamnya cenderung lebih cepat kering. Ini berbeda dengan pot terbuat dari plastik. Bahan plastik tidak memiliki pori yang bisa buat sirkulasi udara atau air. Tidak boleh digunakan untuk menanam tanaman yang memiliki akar cepat busuk. Karena pengendapan air  pada bagian dalamnya bisa membuat batang atau akar cepat busuk.

Harga produk dan spesifikasi lainya bisa anda baca di sini : Pot model klasik

Tanaman yang Cocok Menggunakan Pot Jenis Klasik

Terlihat besar dan mewah. Pot classic tidak boleh digunakan untuk menanam sembarang jenis tanaman hias. Hanya beberapa tanaman yang cocok menggunakan design bentuk model ini. Seperti :

  1. Anthurium ; Salah satu jenis tanaman hias yang layak menggunakan pada pot besar juga mewah adalah anthurium. Tanaman ini memang memiliki bunga tidak begitu indah. Namun memiliki daun lebar besar terlihat mewah serta gagah. Salah satu jenis Anthurium  paling banyak orang suka adalah gelombang cinta. Pada masa keemasannya, gelombang cinta termasuk tanaman mahal. Bisa berharga hingga ratusan juta rupiah tiap satu potnya. Ini bisa buat rekomendasi saat mencari tanaman hias dengan tampilan elegan berkelas. Oleh sebab itu harga pot klasik berikut Anthurium lumayan aduhai.
  2. Palm Kuning : Memiliki nama ilmiah Dypsis lutescens, palm kuning termasuk jenis tanaman hias berharga mahal. Maka dari itu, layak menggunakan pot jenis klasik berharga mahal. Berwarna kuning terang. Dibandingkan untuk mempercantik eksterior, palm kuning lebih banyak penggunaannya buat mempercantik interior. Cara perawatannya tidak sulit. Cukup siram air secukupnya. Jangan meletakkannya langsung terkena terik sinar matahari. Cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu buat merawat tanaman hias.
  3. Monstera Adansonii : Biasa juga nama lainnya adalah janda bolong. Tanaman hias ini adalah primadona saat pandemi Covid-19 melanda, satu pot bisa seharga satu mobil! Mahalnya harga tanaman hias inilah yang membuat monstera adansonii sebagai lambang gengsi bagi sebagian orang. Sama seperti tanaman hias lainnya, daya tarik janda bolong tidak berada pada bunganya. Tapi pada daunnya. Daun berwarna hijau muda memanjang serta lebar dengan beberapa lubang tengahnya. Sekilas memang terlihat biasa saja. Namun jika terlihat dari jarak dekat, tanaman ini memiliki keunikannya sendiri.

 

Pot Model Klasik Untuk Tanaman Daun Lebar

Bisa juga untuk tanaman berikut ini.

Daun Pisang

Tidak hanya bisa ditanam pada luar ruangan. Pohon pisang juga biasa untuk di dalam ruangan pada pot besar model klasik. Dengan cara menambahkan nutrisi bonsai. Tujuannya agar tidak tumbuh terlalu besar. Tidak hanya buat interior, pohon pisang juga bisa buat eksterior. Penempatannya pada sudut teras agar terlihat teduh alami. Anda tertarik? Cobalah mencari pohon pisang daun lebar juga cantik. Lalu bonsai juga tanam pada pot classic

Aglonema

Atau biasa di sebut sri rejeki. Sebagian besar pohon sri rejeki berukuran kecil. Tapi ada juga berukuran besar. Inilah yang cocok untuk tanaman pot besar penempatannya pada sudut ruangan. Seperti namanya, tanaman hias ini terpercayai sebagai tanaman pembawa rejeki. Maka tak heran jika banyak menanamnya pada teras, halaman, atau bahkan untuk mempercantik tampilan interior rumah. Perawatannya juga tidak sulit. Cukup siram air secukupnya. Jemur terkena sinar matahari pagi hari. Lalu kembali masukkan dalam ruangan jika matahari telah terik. Karena terik matahari bisa membuat daunnya layu.

Keladi

Sebagian besar tanaman ini memang berukuran kecil. Tapi ada juga berukuran besar lebih dari 75 cm. Inilah mengapa tanaman hias besar ini membutuhkan pot design klasik ukuran besar  kuat, pada ruangan dalam. Daya tarik nya ada pada daunnya. Berwarna cantik seperti kuning, hijau, putih, hingga pink. Perawatan nya juga mudah. Cukup siram air serta sinar matahari yang cukup. Sesekali semprot cairan pembasmi hama agar tidak rusak karena hama tanaman. Itulah berbagai informasi terkait harga jual pot klasik terbaru. Lengkap jenis bahan baku pembuatannya, kelebihan, kelemahan pot model klasik. Tertarik Menggunakannya? Anda bisa langsung datang ke Arimata Gallery untuk memilih pot sesuai selera dan kebutuhan.

error: Content is protected !!