Patung model singa bagi sebagian orang mengandung makna tersendiri. Di Indonesia, para pengrajin sudah cukup banyak jumlahnya. Terlebih untuk konsumen yang berada di seputaran Pulau Jawa. Sebab, di pulau inilah workshop terbanyak dengan pengrajin-pengrajin terbaik berpusat. Membuat Berbagai penawaran harga jual patung singa dengan berbagai macam model dan ukuran.. Masing masing pengrajin memasanga harga jual pot singa yang berbeda beda. Konsumen dapat memilih model bentuk yang telah jadi (ready stock) di showroom pengrajin. Namun tersedia pula opsi custom order.

Harga sculpture singa seperti ini biasanya tidak main-main. Salah satu contohnya seperti bentuk model Guennol Lioness. Model berwajah singa betina tersebut telah berusia ribuan tahun. Walau ukurannya terbilang mini untuk sebuah patung, namun siapa sangka harganya mencapai US$ 65,4 atau sekitar 900 miliar rupiah. Demikian ulasan panjang mengenai harga jual beli patung model bentuk singa beserta penjelasan terkait yang mungkin sedang Anda butuhkan. Pastikan Anda membeli atau mengorder pada pengrajin yang punya jam terbang tinggi di bidangnya supaya mendapatkan produk yang sesuai harapan,

 

patung singa

 

Berapakah Harga Patung Singa Dari Bahan Fiber ?

 

Ada sejumlah material dasar yang biasa digunakan dalam pembuatan patung model singa. Ada yang terbuat dari semen, ada pula yang terbuat dari batu, kayu, besi (logam kuningan), kaca, fiberglass dan sebagainya. Pemilihan bahan dasar turut mempengaruhi harga jual nantinya.Dahulu, para pengrajin lebih banyak memanfaatkan batu sebagai bahan utama material pembuatan. Daya tahan yang terbuat dari batu memang unggul. Seperti yang kita ketahui, batu sangat tahan terhadap perubahan suhu, tidak kenal lapuk, dan minim perawatan.

Produk yang terbuat dari fiberglass tidak membutuhkan teknik pemahatan serumit dari batu atau kayu. Jika dari bahan batu atau kayu harus memahat satu per satu, tidak demikian dengan fiberglass. Pengrajin hanya memerlukan cetakan untuk menduplikasi. Jadi bisa memangkas waktu lebih singkat dan menghasilkan jumlah yang lebih banyak. Semua model pembuatannya dapat menggunakan material ini, termasuk patung model singa. Dari segi ketahanan material fiberglass juga kuat dan awet. Bobotnya yang terlalu berat memudahkan kita dalam proses pengiriman jarak jauh. Asyiknya lagi, harga jual beli patung model singa berbahan fiber resin relatif lebih murah dibanding produk patung dari bahan baku logam.

jual patung singa

harga patung singa

 

Harga Jual Patung Singa Paling Laris

 

Ada tiga model produk patung yang biasa kami tawarkan ke konsumen, yakni: Patung type singa Afrika ini tergambar sebagaimana singa afrika lia. Dengan rambut megar serta raut wajah yang sangat garang. Produksinya bisa dari material apa saja, tergantung pesanan konsumen. Model samsi ini khusus dari bahan batu. Ukurannya besar dan berat. Biasanya memiliki warna-warna mencolok agar nuansa batunya masih terlihat natural. Patung samsi paling banyak terpasang pada tempat-tempat peribadatan seperti candi, pura, kuil, dan klenteng.

Patung kilin yang pembuatannya selalu sepasang. Pada kalangan masyarakat Tionghoa, kilin adalah benda yang sangat berharga. Mereka meyakini barang tersebut sebagai hewan tunggangan para dewa sekaligus penolak bala. Pada setiap klenteng pasti terlengkapi engkapi dengan sepasang singa kilin, terutama pada bagian depan. Kilin sendiri memiliki bentuk yang unik. Jika memperhatiakan secara seksama, Kilin tidak persis singa 100%. Sebab berdasarkan legenda Tionghoa, Model Qilin ini perwujudan dari 18 hewan di dunia. Wajahnya seperti singa, tubuhnya bersisik seperti naga, cakarnya seperti rajawali, dan bertelinga lancip seperti kelinci. Karena bentuknya unik serta makna historisnya yang kental, Qilin tergolong paling laris di bandingkan model singa lainnya. Qkilin sendiri harga jual nya bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

 

  Patung Model Singa Dari Logam

 

Rumitnya pengerjaan dan perawatan itulah yang menjadi alasan produk dari logam harga jual nya mahal sekalipun ukurannya kecil. Tingginya harga jual dari bahan logam secara tak langsung menyurutkan semangat konsumen untuk membeli. Kecuali bagi mereka yang daya belinya kuat atau termasuk kolektor. Istambul, Turki, terdapat sebuah mahakarya berupa patung bentuk singa dari logam dengan sebutan Aslan. Hasil karya seberat 550 kilogram ini menghabiskan sekitar 4000 keping logam dan lama pengerjaan memakan waktu satu tahun. Sejauh ini mosel Aslan tidak untuk diperjualbelikan. Hanya ada terlihat pada studio senirupa negara Turki. Andai Aslan dipasarkan, mungkin ukurannya yang tingginya melebihi tubuh orang dewasa ini harga patung singa ini bisa mencapai ratusan milyar.

Perihal material dasar dalam pembuatan patung, berpulang pada keinginan masing-masing konsumen. Walau berbahan fiberglass tengah naik daun, namun sebagian orang justru lebih suka yang terbuat dari logam. Produk yang berbahan logam memang tampak lebih luxurious. Itu dikarenakan logam mampu memancarkan kilau yang apik, apalagi bila diterpa sinar matahari atau lampu. Dari sei ketahanan  juga tidak mengecewakan. Semua orang pasti setuju bahwa logam adalah bahan yang paling sulit patah atau retak. Hanya saja, seiring berjalannya waktu sesuatu yang berunsur logam warnanya pasti akan memudar. Selain itu, rentan terserang korosi (karat).

Bobot patung model singa yang terbuat dari logam nyaris mengimbangi batu. Proses pembuatannya bahkan jauh lebih sulit jika menggunakan material batu atau fiberglass. Bukan hanya dipahat, sambungan lembaran-lembaran logam perlu pengelasan sedemikian rupa agar menyatu dan halus. Belum lagi upaya perawatannya. Produk logam memang membutuhkan perlakuan khusus guna mempertahankan warna serta kilapnya.

jual patung singa

harga patung singa

              Pengrajin Patung 

 

Pengrajin patung komersial melayani pemesanan konsumen baik yang berada di seputaran Jawa maupun luar Jawa. Juga, menerima pemesanan dalam partai kecil (perorangan) hingga proyek besar. Lagi-lagi perlu konsumen ketahui bahwa untuk pembelian dalam partai besar harga jual nya pasti lebih murah. Semakin banyak belanja, semakin besar pula potongan harga jual beli patung bentuk singa untuk konsumen. Kisaran harga jual yang berbeda-beda kerap kali sebagai bahan pertimbangan konsumen dalam menetapkan pilihan. Tetapi sebaiknya jangan terpaku pada harga jual patung singa yang murah saja. Banyak aspek yang perlu di perhatikan jika ingin mendapatkan model berbentuk singa dengan nilai artistik yang tinggi, kokoh, dan awet, semisal:

  1. Konsumen perlu mempertimbangkan penggunaan materialnya
  2. Dimensi (tinggi, lebar )
  3. Desain bentuk
  4. Kualitas cat, dan sebagainya.

Biasanya semakin langka model dan detail nya, semakin mahal harganya. Namun, jelas produk tidak pasaran. Setiap model bentuk singa memiliki daya tarik masing-masing. Ada yang menilainya dari ukuran berukuran besar memang tampak gagah. Namun, bukan berarti yang kecil tidak bagus.  Daya tarik nya juga dari warna. Pemilihan warna yang tepat serta pengecatan yang rapi membuat nya tampak bagaikan nyata. Selain itu, pesona nya terlihar dari citra produk tersebut secara keseluruhan. Tak jarang kita menemukan produk yang terkesan aneh. Pengrajin yang kurang pengalaman, membuat patung binatang singa yang seharusnya kelihatan buas malah jadi kocak.

Mengenal Ragam Fungsi Patung 

Salah satu contohnya bis kita temukan pada Gedung Singa yang berlokasi di Surabaya. Gedung ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda. Dulu namanya gedung Algemeene, sesuai yang tertulis pada puncak gedung. Namun, arsitektur sepasang singa bersayap pada bagian depan bangunan justru membuat gedung ini lebih terkenal dengan nama Gedung Singa. Kalau ini jangan di tanya harga patung singa ini ya, karena memang tidak di jual.

Sebagai atribut pelengkap untuk sesuatu yang bersifat religi. Oleh kepercayaan tertentu mereka meyakini patung ini sebagai benda keramat atau suci. Bahkan Masyarakat mesir kuno mempercayai adanya dewa singa, sehingga pada masa itu mereka yakini sebagai benda sakral. Meletakkan pada tempat-tempat tertentu, seperti kelenteng, kuil, atau semacamnya, mereka percaya benda tersebut dapat mendatangkan kebaikan. Sebagai pendukung arsitektur. Bangunan-bangunan bersejarah atau terkemuka banyak menggunakan object singa sebagai pelengkap arsitektur.

 

Patung Bentuk Singa dari Bahan Batu

 

Pada beberapa bangunan resort, perumahan dan tempat wisata biasanya menggunakan patung dari bahan batu. Harga patung bentuk singa dengan material seperti ini biasanya cenderung lebih tinggi. Selain cara membuatnya yang membutuhkan tenaga besar, kesulitan membuatnya juga lebih berat. Dari batu dengan bentuk hewan memiliki keunggulan. Salah satunya yang kuat dan tahan terhadap angin.

Material batu yang ada pada patung membuat usia nya bisa tahan dalam jangka panjang. Selain bagus, tekstur batu pada patung menambah kesan unik dan estetik. Arimata sebagai produsen jual patung singa menyediakan beberapa tawaran model. Kami menawarkan beberapa tipe yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Berbahan batu tidak hanya kokoh, kuat dan tahan lama. Pelanggan atau pecinta seni biasa membeli produk dengan bahan batu agar bisa memajangnya secara permanen. Akan tetapi, tidak harus membelinya yang berukuran besar. Jika ingin memajangnya di rumah, cukup membelinya dengan ukuran mini atau sedang.

 

Harga Patung Singa Ukuran Monumen

Sebagai monumen untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah atau mengenang jasa pahlawan/tokoh penting. Contohnya, monumen Merilion Singapura atau lebih familiar dengan sebutan Merlion. Siapa yang tidak tahu Merlion, bukan? Benda fenomenal ini telah menjadi landmark kota Singapura. Pembangunannya sekaligus untuk “mengenang” Pangeran Sang Nila Utama sebagai orang yang pertama kali memberi nama Singapura. Sebagai dekorasi.

Ada juga yang bertujuan untuk melengkapi dekorasi saja. Semata-mata untuk menambah keindahan. Tidak ada makna yang terkandung di dalamnya. Produk ini seperti ini biasanya untuk melengkapi taman, pada sisi kolam renang, atau pada sudut-sudut ruangan rumah atau fasilitas publik. Sebagai barang seni. Hampir mirip dengan dekorasi, hanya saja jelas memiliki nilai seni yang lebih tinggi atau punya nilai historis.

 

  1. Patung Dari Bahan Kayu :

    Beda jauh dengan harga patung singa yang terbuat dari kayu. Karena dari kayu membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya. Sebab, daya tahan kayu tidak sama dengan batu. Rentan patah, lapuk oleh rayap, dan sebagian jenis kayu tidak kuat terhadap perubahan suhu ekstrem. Di balik hal-hal utama dari patung batu, ternyata muncul pula problem lain yang menyebabkan mulai tidak populer. Pertama, tingkat kesulitan dalam pengerjaan nya sangat tinggi. Kedua, bobotnya sangat berat sekali. Belakangan muncul material baru yang nilainya lebih menguntungkan untuk pengrajin dan konsumen. Bahan tersebut merupakan serat-serat kaca dengan nama sebutan fiberglass. Fiberglass termasuk material yang mudah terbentuk, sehingga memudahkan pengrajin dalam proses pembuatan nya.

  2. Custome Order Patung 

    Custom order jual patung singa biasanya punya konsep sendiri mengenai model dan bentuknya. Konsep tersebut nantinya akan di terjemahakan dalam sebuah produk dengan pengrajin, sekaligus menghitung kisaran harga jual nya. Tentu saja harga patung custom order lebih mahal ketimbang yang sudah jadi. Sebab, dalam hal ini pengrajin harus menyiapkan cetakan atau molding baru sesuai dengan model yang sesuai keinginan konsumen.

error: Content is protected !!